MPI Sosialisasi & Kepribadian

Setiap manusia dilahirkan dengan kepribadian yang berbeda. Kepribadian seseorang terkait dengan proses sosialisasi yang berlangsung dimasyarakat. Sosialisasi dapat diartikan sebagai proses belajar individu untuk mengenal dan menghayati nilai dan norma sosial sehingga terjadi pembentukan sikap untuk berperilaku sesuai dengan tuntunan atau perilaku masyarakat. Secara umum, sosialisasi bertujuan untuk membentuk kepribadian. Kepribadian terbentuk melalui proses mempelajari pola-pola kebudayaan. Kebudayaan yang dipelajari meliputi nilai-nilai, norma-norma, beserta sanksi-sanksi yang akan diterima bila terjadi penyimpangan.
Melalui proses sosialisasi, seorang individu mendapatkan banyak pengetahuan dari kehidupan sosial masyarakat. Salah satunya individu mengetahui tentang nilai-nilai dan norma sosial yang berlaku dalam masyarakat. Selain itu, melalui sosialisasi prinsip-prinsip hidup seorang individu akan terbentuk yang pada akhirnya memunculkan suatu kepribadian yang tetap dalam diri individu.

5 komentar:

  1. HERI SUPRIYANTO (4859)April 2, 2014 at 2:43 PM

    saya...setuju..
    karena setiap orang itu harus bisa bersosialisasi terhadap masyarakat lainya...karena dengan bersosialisasi kita dapat hidup rukun dengan sesama manusia....dan tanpa ada rasa curiga antara sesama masyarakat.......

    ReplyDelete
  2. pak saya mau tanya " Individu
    mampu menyesuaikan tingkah lakunya dengan harapan masyarakat" itu apa pak?

    ReplyDelete
  3. saya sangat setuju,karena manusia harus dapat mengenal dan menghayati nilai dan norma sosial sehingga terjadi
    pembentukan sikap dan kepribadian untuk berperilaku sesuai dengan tuntunan atau
    perilaku masyarakat.(06.X.6)

    ReplyDelete
  4. Nilai & norma yg ada di dalam masyarakat itu berbeda antara daerah satu dg lainnya. Melalui proses sosialisasi, individu diharapkan dpt beradaptasi (menyesuaikan) dgn aturan yg berlaku pada masy. tersebut.

    ReplyDelete
  5. Kepribadian seseorang bs berubah sesuai dg lingkungan sekitarnya.

    ReplyDelete

 

© 2016 | Fahdisjro El Besra. All rights resevered. Template by Templateism

Back To Top