Ads Top

Marhabban Ya Ramadan

Tidak ada bulan yang paling mulia selain bulan ramadan. Rasulullah SAW memberi gelar bulan ini sebagai syahrul mubarak. Bulan yang penuh rahmat, ampunan dan pembebasan bagi setiap hamba Allah, yang melewati sepuluh hari pertama hingga sepuluh hari terakhirnya dengan amalan-amalan saleh. Dengan shaum, tarawih, tadarus dan qiyamul lail, bulan ramadan akan membuahkan hikmah yang tiada ternilai dalam kalbu siapapun yang ikhlas menjalaninya.
Banyak sekali keutamaan bulan ramadan. Pada bulan ini Alquran diturunkan, pahala dilipat gandakan, pintu surga terbuka lebar dan pintu-pintu neraka ditutup rapat. Keutamaan bulan ramadan terletak pula pada limpahan rahmat Allah di sepuluh hari pertama, limpahan maghfirah atau ampunan-Nya di sepuluh hari kedua, dan janji pembebasan dari api neraka pada sepuluh hari terakhir. Di sepuluh hari terakhir itulah, terdapat Lailatul Qadr atau malam seribu bulan. Malam dimana setiap mereka yang beritikaf dan beribadah mendapat ganjaran sepadan dengan pahala seribu bulan.
Rasulullah SAW bersabda: “Sungguh telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang penuh keberkatan. Allah telah memfardlukan atas kamu puasanya. Di dalam bulan Ramadhan dibuka segala pintu surga dan dikunci segala pintu neraka dan dibelenggu seluruh setan. Padanya ada suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barangsiapa tidak diberikan kepadanya kebaikan malam itu maka sesungguhnya dia telah dijauhkan dari kebajikan" (Hr. Ahmad).
Marhabban ya ramadan. Dengan melafadzkan bismillahirrahmanirrahin, kita sambut bulan penuh kemuliaan ini. Semoga senantiasa diberikan kesehatan agar dapat menjalani berbagai ritual dan ibadah dengan khuyuk. Amiien…

No comments:

Powered by Blogger.