MPI Mobilitas Sosial

Mobilitas sosial merupakan bagian dari struktur sosial yang terdiri atas stratifikasi dan diferensiasi sehingga melahirkan berbagai kelompok dan kelas sosial di masyarakat. Setiap orang cenderung berusaha menjadi bagian dari kelas atau kelompok sosial yang diinginkan. Dengan kata lain, setiap orang menginginkan status yang lebih baik dari status yang semula ditempatinya. Untuk itu, dia berusaha mencapai status impiannya tersebut, walaupun tidak jarang hasil yang dicapai justru sebaliknya (statusnya merosot), sehingga terjadilah pergerakan posisi dari suatu status ke status lainnya.
Keanekaragaman kelas dan kelompok sosial, seperti yang kita jumpai selalu memberikan kesempatan bagi kita untuk mencapai status yang lebih baik dalam masyarakat. Status yang lebih baik senantiasa diharapkan setiap orang, termasuk kallian yang sekarang sedang giat belajar untuk mencapai kondisi yang lebih baik di masa datang.
Inilah kenyatan yang ada di masyarakat; seseorang atau sekelompok orang dapat mengalami perubahan posisi dalam struktur sosial di masyarakatnya. Ada kalanya naik ke posisi yang lebih baik, tetapi kadang-kadang justru turun ke tingkat yang tidak diinginkan. Mempelajari gejala seperti di atas sungguh sangat penting, selain membuat kita lebih memahami struktur masyarakat, juga agar kita selalu berusaha mengubah kehidupan menjadi lebih baik di masa datang, sebab Tuhan tidak akan mengubah nasib seseorang sampai orang itu sendiri yang mengubahnya.

0 komentar:

Post a Comment

 

© 2016 | Fahdisjro El Besra. All rights resevered. Template by Templateism

Back To Top