Cara Install Aplikasi Dapodikmen 8.3.0

Cara Install Apikasi Dapodikmen 8.3.0. Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa awal tahun 2016, tim Pengembang Dapodik Pusat telah menyelesaikan Upgrade Database Dapodik dari 2.4.3 menjadi 2.4.7b dan Aplikasi Dapodik SMA-SMK versi 8.2.3. Aplikasi Dapodik SMA-SMK versi 8.3.0 merupakan suatu langkah teknis dalam rangka penyatuan Aplikasi Dapodikdas dan Dapodikmen berupa penyesuaian pada struktur database, penambahan beberapa fitur dan atribut data baru serta penyempurnaan referensi-referensi. Berikut ini saya sampaikan cara upgrade/install aplikasi Dapodikmen 8.3.0 beserta pemecahan masalah (troubleshooting) seputar instalasi aplikasi dapodimen. Panduan ini merupakan resume dari diskusi grup serta sharing bersama tim pengembang dan sesama operator dapodikmen.

Langkah Pertama – Uninstall aplikasi dapodikmen versi 8.2.3.
Uninstall/Remove/Hapus aplikasi Dapodikmen versi 8.2.3. Dapat menggunakan fasilitas menu Add/Remove pada Control Panel. Hapus juga folder "Dapodik SMA-SMK" yang ada di C:\Program Files. Selanjutnya restart komputer anda.

Tips;
*Untuk menghapus dan membersihkan secara tuntas aplikasi dapodikmen 8.2.3. beserta registry-nya disarankan menggunakan aplikasi tambahan seperti Ccleaner atau Your Uninstalller!
Troubleshooting
Uninstall/Remove/Hapus aplikasi Dapodikmen tidak muncul di Control Panel.
Solusi
Masuk ke folder C:\Program Files (x86)\Dapodik_SMA_SMK\uninst lalu double klik unins000.exe

Langkah Kedua – Download Aplikasi Dapodikmen 8.3.0

Download aplikasi terbaru dapodikmen versi 8.3.0 melalui link berikut http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/portal/web/laman/download atau langsung menuju http://www.mediafire.com/download/6macc6r3lhsh12t/dapodik_sma-smk_830.exe

Langkah Ketiga – Download Prefill

Masukkan kode registrasi sekolah kemudian kilk GENERATE. Tunggu beberapa saat sampai sistem selesai mengenerate prefill. Setelah selesai klik download untuk mengunduhnya.
Link alternatif untuk melakukan generate prefill
Tips:
Kapasitas prefill normal adalah diatas 1Mb, jika size prefill hanya 1kb berarti gagal. Silahkan download ulang prefil. Pastikan koneksi internet stabil. Jika masih gagal, coba gunakan NPSN.

Langkap Keempat – Install Aplikasi Dapodimen 8.3.0
Untuk menginstall aplikasi Dapodikmen 8.3.0, sama seperti versi-versi sebelumnya. Double klik aplikasi, lanjutkan sampai selesai. Setelah selesai menginstall aplikasi dapodikmen langkah selanjutnya mengkopikan prefill yang telah didownload sebelumnya ke dalam folder C:\prefill_dapodik
Troubleshooting
Muncul peringatan “Aplikasi Dapodik SMA-SMK sudah pernah terinstall. Gunakan Updater memperbarui aplikasi Anda (Jangan di-install ulang sebelum melakukan sinkronisasi, karena dapat menyebabkan data Anda sebelumnya hilang!)
Solusi:
Melalui menu Run (Tombol Wondows+R) ketik regedit lalu Enter. Lakukan pencarian (Ctrl+F) ketik ditjendikdasmen. Jika ditemukan DitjenDikdasmen hapus dengan cara tekan tombol Delete.

Langkah Kelima – Proses Registrasi

Buka Aplikasi Dapodikmen 8.3.0 (disarankan menggunakan browser Google Chrome) lalu klik Registrasi. Isikan data sebagaimana mestinya, setelah selesai klik Simpan. Putuskan koneksi internet selama proses registrasi ini. Setelah selesai anda bisa langsung login aplikasi, pilih Periode Genap / 2015-2016.
Troubleshooting
Muncul peringatan “Prefill tidak ditemukan”
Solusi: Download ulang prefill, lihat langkah ketiga.
Muncul peringatan “Terdeteksi database 2.47b. Sehingga aplikasi tidak dapat dilanjutkan silahkan menghubungi Tim Teknis"
Solusi: Hapus browser history tekan ctrl+shift+delete. Lanjutkan dengan tekan Ctrl+F5.

Langkah Keenam – Perbarui Data
Kilk menu Sekolah, perbarui data profil sekolah (jika ada) lalu Simpan. Perbarui juga pada bagian Data Rinci Sekolah akhiri Simpan.
Klik menu Sarpras. Klik Salin Semua Data Periodik.
Klik menu Peserta Didik. Klik Salin Data Periodik.
Klik menu Rombongan Belajar. Klik Lanjutkan Semester, pilih nama rombel selanjutnya klik Simpan dan Tutup. Ulangi untuk seluruh rombel kelas X, XI, XII.
Langkah Ketujuh – Masukkan Data Pembelajaran

Masih didalam menu Rombongan Belajar, pilih salah satu rombel kemudian klik menu Pembelajaran. Isikan data sesuai dengan SK pembagian tugas mengajar pada semester 2.
Untuk Guru BK klik Tambah pilih Matpel Tambahan kemudian klik Simpan dan Tutup. Cari Matpel Bimbingan dan Konseling/Konselor (BP/BK). Untuk jumlah jam mengajar dikosongkan.
Untuk Guru Agama (Lainnya). Klik Tambah pilih Ekstensi Team Teaching kemudian klik Simpan dan Tutup. Cari matpel (contoh) Pendidikan Agama Katholik.
Troubleshooting
Data Mata Pelajaran di menu Pembelajaran kosong.
Solusi:
Pastikan jenis kurikulum di menu Rombongan Belajar sudah benar. Contoh untuk kurikulum KTSP; SMA KTSP UMUM, SMA KTSP IPA atau SMA KTSP IPS.
Jumlah jam mengajar pada melebihi jam maksimal.
Solusi
Klik Tambah pilih Matpel Wajib klik Simpan dan Tutup. Cari matpel yang ingin ditambahkan jamnya. Antara Matpel Bidang Studi Wajib dengan Matpel Bidang Studi Wajib (tambahan jam), pastikan Kode Mapelnya sama.

Langkah Kedelapan – Sinkron Data
Setelah semua data yang perlu diperbarui selesai, langkah terakhir adalah Validasi Data dan dilanjutkan dengan Sinkronisasi.
Troubleshooting
Muncul Peringatan "Anda hanya dapat melakukan sinkronisasi lagi setelah 5 menit" atau "Token tidak ditemukan"
Solusi:
Artinya server dapodikmen sedang maintenance atau cloud traffic-nya sedang padat. Solusinya tunggu beberapa saat. Sabar sambil minum kopi bersama sahabat.
Jika diperlukan silahkan menghubungi langsung tim ult Dapodikdsmen berikut ini:
Moh. Ikhsan S +6282113280354
Adam Nugraha +6281395454000
Yusuf Rokhmat +6281288040000 
Demikian panduan/cara install aplikasi dapodikmen 8.3.0. Semoga bermanfaat.
Salam Satu Data.

0 komentar:

Post a Comment

 

© 2016 | Fahdisjro El Besra. All rights resevered. Template by Templateism

Back To Top