Ads Top

IDL (Indonesia Digital Learning) 2016


IDL (Indonesia Digital Learning) 2016. Perhelatan akbar pembelajaran digital bagi Guru-guru Indonesia kembali digelar. IDL (Indonesia Digital Learning) 2016 diselenggarakan di delapan kota di Indonesia 18 – 28 April 2016. Dalam program Indonesia Digital Learning ini, para peserta akan mendapatkan materi tentang modul IDL 2016. Indonesia Digital Learning lahir untuk menjawab tantangan dan menjadi solusi masalah bangsa. Sebuah gerakan dengan motor utamanya adalah guru. Sosok mulia yang mencerdaskan anak bangsa hingga pelosok daerah. Garda terdepan yang mampu mewujudkan cita-cita menyatukan irama pendidikan Indonesia.
Sebagai langkah nyata menuju pemerataan kesejahtaraan Indonesia di  masa yang akan datang. Media sosial, gambar atau video tutorial, film, hiburan diakses warga dunia. Seperti tiada lagi samudra dan jarak yang membentang yang menjadi pemisah. Borderless. Era dimana kesatuan bumi menjadi nyata. dan Indonesia menjadi salah satunya. Indonesia, negara dengan kepulauan dan memiliki jarak yang membentang luas. Selama ini, pertukaran informasi selalu  mengkambinghitamkan pada jarak yang terbentang serta sulitnya akses antara satu daerah dengan daerah lain. Keterbatasan waktu dan tenaga menjadi alasan lainnya. Menyebabkan ketimpangan antara kota dan desa.
Era Digital menjadi salah satu era dalam perkembangan dunia pada saat ini. Berbagai aspek kehidupan pun tak lepas bersinggungan dengan aspek digitalisasi. Selain itu, perkembangan dunia digital pun tak lepas mempengaruhi dunia pendidikan. Dunia pendidikan di Indonesia tak lain terdiri dari para guru, para murid yang tersebar di wilayah Indonesia diharapkan mampu mengaplikasikan konsep digital pada pembelajaran yang diberikan. Pada realita yang terjadi saat ini, para murid yang hidup di zaman digital saat ini lebih mampu mengaplikasikan digitalisasi dalam kehidupan sehari-hari dibandingkan pada era dulu. Manusia pada era sekarang dipacu untuk mampu mengaplikasikan dunia digital dalam kehidupan sehari-harinya.
Kemudahan penyebaran informasi lewat internet menjadi pedang bermata dua. Dan para pengajar bisa memanfaatkan teknologi informasi ini untuk meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar. Dengan youtube misalnya, pengajar tidak perlu lagi membuat sendiri video pembelajaran. Berbagai video tutorial pengajaran ataupun contoh nyata kejadian atau fenomena alam.Kemampuan pedagogik yang baik ditambah dengan teknologi digital sebagai media pembelajaran sangat memungkinkan guru membuat kegiatan belajar yang kreatif.
Pada era sekarang, anak-anak sekolah pun sudah diharapkan mampu mengaplikasikan dunia digital, bahkan fenomena yang terjadi pada generasi muda saat ini lebih mengetahui akan adanya dunia digital. Hal inilah yang mampu mendorong para guru untuk mampu hadir memberikan pembelajaran yang berkualitas pula bagi para murid yang tersebar di wilayah Indonesia agar pembelajaran yang terjadi selaras dan mampu membentuk perkembangan dunia digital di ranah pendidikan.
Sumber: indonesiadigitallearning.com

No comments:

Powered by Blogger.