Ads Top

https://play.google.com/store/apps/developer?id=Bung%20Fahdisjro&hl=in

Pelatihan Penulisan Soal 2017


Pelatihan Penulisan Soal Puspendik 2017 | Penilaian hasil belajar peserta didik merupakan salah satu kegiatan rutin dalam dunia pendidikan. Tujuannya untuk mendiagnosa kekuatan dan kelemahan peserta didik, memonitor perkembangan belajar, menilai ketercapaian kurikulum, memberi nilai dan sebagai indikator efektivitas pembelajaran. Hasil penilaian selama proses pembelajaran berlangsung diperoleh melalui alat penilaian yang sesuai dengan kompetensi atau indikator yang akan dinilai. Dalam kurikulum 2013, Guru dituntut untuk dapat membuat butir-butir soal atau seperangkat tes yang tidak hanya mengukur pengetahuan dan pemahaman saja, tetapi lebih dari itu instrumen yang digunakan dapat mengukur penalaran atau High Order Thingking Skills (HOTS).
Berdasarkan hal tersebut, Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Penulisan Soal di beberapa daerah yang bertujuan untuk memperoleh penulis-penulis soal berkualitas. Kegiatan ini dilaksanakan pada pertengahan bulan Juli 2017 selama 4 hari di wilayah Solo, Purwokerto, Yogyakarta, Pangkal Pinang, Batam, Balikpapan, Samarinda, dan Bandung.
Berikut kami bagikan file hasil pelatihan penulisan soal yang diselenggarakan Puspendik. File tersebut berisi Panduan Penulisan Soal yang dipergunakan sebagai acuan pembuatan soal skala nasional, baik USBN maupun UNBK. Semoga bermanfaat.
Salam Edukasi.


Powered by Blogger.