Ads Top

https://play.google.com/store/apps/developer?id=Bung%20Fahdisjro&hl=in

Cara Membuat Buku Digital

Perkembangan digital memungkinkan mewujudkan buku “nirkertas” bahkan buku “maya” yang mudah dibawa dan disimpan serta mudah dibaca ketika diperlukan. Teks yang menjadi hakikat buku dapat disimpan dalam bentuk digital. Buku digital mampu mengubah format file teks menjadi buku digital, bahkan menambahkan video dan suara dalam buku tersebut.

PENGERTIAN BUKU DIGITAL
Buku digital atau buku elektronik, disingkat e-book, atau ebook, adalah bentuk digital dari buku cetak. Buku cetak pada umumnya terdiri atas setumpuk kertas dijilid yang berisi teks atau teks dan atau gambar, maka buku elektronik berisikan informasi digital yang dapat berisi teks, gambar, audio, video, yang dapat dibaca di komputer, laptop, tablet, atau smartphone.

FUNGSI BUKU DIGITAL
1. Sebagai salah satu alternatif media belajar. Berbeda dengan buku cetak, buku digital dapat memuat konten multimedia di dalamnya sehingga dapat menyajikan bahan ajar yang lebih menarik dan membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.
2. Sebagai media berbagi informasi. Dibandingkan dengan buku cetak, buku digital dapat disebarluaskan secara lebih mudah, baik melalui media seperti website, kelas maya, email dan media digital yang lain. Seseorang dengan mudah dapat menjadi pengarang serta penerbit dari buku yang dibuatnya sendiri.

TUJUAN PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL
1. Memberikan kesempatan bagi pembuat konten untuk lebih mudah berbagi informasi, dengan cara yang lebih menarik dan interaktif. Dengan membuat konten dalam bentuk digital, pengarang tidak perlu mendatangi penerbit untuk menerbitkan bukunya. Ia cukup berkunjung ke salah satu laman toko buku daring dan mendistribusikan bukunya secara mandiri.
2. Melindungi informasi yang disampaikan. Berbeda dengan buku fisik yang dapat rusak, basah, ataupun hilang, buku digital yang berupa data di komputer terlindungi dari masalah-masalah tersebut. Andaikata data tersebut hilang, pengguna dapat dengan mudah mencari penggantinya baik dari internet maupun meminta kembali pada pembuat buku.
3. Mempermudah proses memahami materi ajar. Dalam perangkat lunak buku digital, Guru dapat memberikan catatan tertentu pada materi, mencari kata atau kalimat tertentu dalam materi, menampilkan file multimedia (audio dan video) yang dapat diputar untuk memperkaya konten buku. Hal tersebut sangat membantu dalam memahami materi ajar dengan lebih baik dan lebih cepat.

KELEBIHAN BUKU DIGITAL
Adapun kelebihan dari buku digital dibandingan dengan buku konvensional atau kertas adalah sebagai berikut:
1. Memanfaatkan ketersediaan perangkat. Ketersediaan perangkat pendukung (seperti telepon seluler) yang beredar di Indonesia dan jumlah penggunanya yang sangat besar. Jumlah tersebut belum termasuk pengguna laptop, tablet, dan smartphone. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk mengenalkan buku digital melalui perangkat tersebut.
2. Ukuran tampilan aplikasi alat baca buku digital. Format pdf tidak akan menjadi masalah apabila dibaca menggunakan komputer maupun laptop, namun karena ditujukan untuk perangkat bergerak/telepon seluler yang memiliki ukuran layar yang bervariasi, maka diperlukan format yang dapat menyesuaikan dengan tampilan layar.
3. Format yang didukung secara luas. Penggunaan format yang hanya mendukung satu perangkat tertentu akan membuat ketergantungan pada satu teknologi pendukung saja. Oleh karena itu, dalam hal pemilihan format, hal yang perlu dipertimbangkan adalah penggunaan format yang mendapat dukungan secara luas, baik untuk pembuatannya maupun aplikasi alat bacanya. 

CARA MEMBUAT BUKU DIGITAL
Langkah Pertama: Persiapkan Konten Dalam Bentuk Word Document.
Pastikan naskah yang akan dibuat menjadi buku digital susunannya telah rapih. Baik itu dari jenis hurufnya (font), ukuran huruf, paragraf maupun spasinya. Ada beberapa hal perlu diperhatikan dalam pengaturan dokumen Word ini, yaitu pengaturan gambar dan tabel. Pada pengaturan gambar, pastikan posisi gambar diatur menjadi In Line With Text. Tujuannya agar objek gambar yang dimasukkan, menjadi bagian yang integral dengan teks. Caranya, klik kanan object gambar yang dipilih kemudian pilih Wrap Text nya tentukan menjadi In Line With Text.
Berikutnya pada pengaturan tabel, pastikan juga ukurannya proporsional. Maksudnya ukuran lebar tabel harus sesuai dengan margin dokumen. Caranya, klik kanan pada tabel, maka akan muncul kotak dialog Table Properties. Pada tab Table, klik Preferred width, sehingga akan muncul tanda centang. Ubah properti Measure in menjadi Percent, dan ubah lebar preferred width sesuai dengan kebutuhan, misalnya menjadi 100%. Hal ini akan memastikan tabel ditampilkan selebar layar pada semua perangkat pembaca Epub nantinya.
Setelah draft buku digital pada dokumen Word ini dirasa telah rapi, lalu simpan dan ubah jenis filenya menjadi Web Page, Filtered.

Langkah Kedua: Olah Konten Buku Digital Menggunakan Aplikasi Sigil.
Sebelum mengolah buku digital dengan menggunakan aplikasi Sigil, tentunya komputer yang digunakan harus sudah terinstall aplikasi Sigil. Download aplikasinya terlebih dahulu melalui halaman website https://sigil-ebook.com kemudian installkan pada komputer. Selanjutnya buka file yang sudah kita buat sebelumnya. Caranya, klik File lalu Open dan cari dimana lokasi file tersebut disimpan.
Inilah interface aplikasi Sigil yang dididalamnya terdapat beberapa fitur penting yang dapat digunakan dalam mengolah naskah buku digital.

Langkah Ketiga: Memasukkan Video
Dalam aplikasi Sigil ini, disediakan fitur untuk memasukkan file video. Caranya klik Insert, File lalu pilih Other File kemudian cari video mana yang akan dimasukkan. Adapun jenis file video yang mendukung dalam aplikasi Sigil ini adalah video dengan extensi file mp4. Jadi, jika video yang dimiliki jenis filenya avi, mpeg, dan sebagainya maka harus dikonversi terlebih dahulu dengan menggunakan aplikasi video converter agar menjadi mp4. Agar tampilan video lebih proporsional ketika nantinya ditayangkan pada Epub (aplikasi penampil buku digital), maka harus diatur dimensi atau ukuran video. Triknya, klik Code View pada toolbar kemudian cari lokasi kode video berada. Kemudian masukkan kode script berikut ..... "controls" width="500" height="300" scr=" .......

Langkah Keempat: Membuat Daftar Isi Otomatis
Langkah berikutnya adalah membuat daftar isi otomatis dengan menggunakan fitur Heading yang terletak pada toolbar. H1 ini bisa diartikan sebagi Bab, H2 adalah sub-babnya dan seterusnya.
Setelah mengatur bagian Bab dan sub-bab pada naskah digital, selanjutnya adalah men-generate heading tersebut. Caranya klik menu Tools, Table of Contents lalu pilih Generate Table of Contents, lalu klik OK. Jika berhasil, maka pada sidebar sisi kanan akan ditampilkan tabel daftar isi yang telah dibuat.

Langkah Kelima: Lengkapi Metadata Buku Digital
Sigil mempunyai fitur yang dapat menyusun identitas pada naskah digital secara terstruktur. Metadata merupakan sebuah informasi yang mendeskripsikan sebuah file. Pada sebuah buku digital atau Epub, metadata berfungsi memberikan informasi pada sebuah naskah. Seperti judul, nama pengarang, tahun penerbitan, kategori, deskripsi dan sebagainya. Untuk membuat metadata sangat mudah, caranya klik menu Tools lalu pilih Metadata Editor. Silahkan tambahkan metadata sesuai informasi yang diperlukan.

Langkah Keenam: Membuat Cover Buku Digital
Langkah akhir dalam proses pembuatan buku digital ini adalah membuat cover buku digital. Untuk membuat cover buku digital dapat menggunakan aplikasi Microsoft Powerpoint. Pertimbangannya adalah aplikasi Powerpoint cukup sederhana dan mudah digunakan untuk mendesain sebuah cover buku. Sebenarnya bisa saja menggunakan aplikasi pengolah gambar yang lebih kompleks seperti CorelDraw atau Adobe Photoshop, jika terbiasa dan mahir menggunakan aplikasi tersebut.
Berikutnya buka kembali aplikasi Sigil, lalu klik Tools, Add Cover, Other Files lalu cari dimana file gambar cover buku digital yang barusan dibuat. Dan selesai. Dalam buku digital ini kita sudah memiliki konten, baik itu teks, gambar dan video. Juga sudah dilengkapi dengan daftar isi dan cover. Jangan lupa untuk menyimpan hasil project buku digital ini.

CARA MEMBACA BUKU DIGITAL.
Buku digital yang sudah dibuat dengan aplikasi Sigil dapat dibuka dan dibaca melalui berbagai device, seperti komputer, tablet ataupun smartphone. Jika membaca dengan menggunakan komputer, terlebih dahulu tambahkan aplikasi Readium pada browser Google Chrome. Atau EpubReader jika menggunakan browser Firefox. Sedangkan jika menggunakan tablet atau smartphone android bisa gunakan aplikasi Gitden Reader dan iBook jika menggunakan iPhone.

Demikianlah tutorial CARA MEMBUAT BUKU DIGITAL dengan menggunakan aplikasi Sigil. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan pada kolom komentar. Untuk penjelasan lebih detail, silahkan saksikan tayangan video dibawah ini. Terima kasih atas perhatiannya. Semoga bermanfaat. Salam.
Powered by Blogger.