Ads Top

Operator Dapodik Itu Luar Biasa


Operator Dapodik Itu Luar Biasa. Sebagai operator dapodik tanggung jawab kami menjamin kualitas data sekolah yang nantinya akan digunakan sebagai bahan kebijakan pemerintah untuk penyaluran berbagai tunjangan dan bantuan. Meskipun jaminan intensif kami kadangkala terabaikan. Eksistensi kami memang tidak terlalu terlihat karena kami lebih sering bekerja dari belakang layar. Berkutat berpuluh-puluh jam bersama laptop yang sudah kami rasakan perlakuannya melebihi daripada pasangan hidup.
Durasi 24 jam sehari semalem kadang dirasa masih kurang. Apalagi kalau sudah dikejar waktu cut off data, mau gak mau ya kami harus begadang. Tapi bukan seperti begadangnya Bang Haji yang tiada artinya. Begadangnya operator dapodik jelas ada perlunya. Dari mulai entri data, sinkron, verval sampai pada tahap laporan.
Memahami aplikasi dapodik, dibutuhkan kesabaran super ekstra. Bukan hanya karena aplikasinya yang labil, sering berubah fiturnya ketika disinkron. Kayak remaja labil yang kemauannya selalu berubah. Tapi juga harus sabar menghadapi server PDSP (Pusat Data Satuan Pendidikan) yang sering down, ngambek gara-gara diserbu operator seluruh Indonesia. VervalPD & verval PIP itu bikin galau. Segalau proses pengajuan PAK untuk kenaikan pangkat yang ribet banget.
Well, sekalipun dibutuhkan usus sing duowo lan ati sing lapang sebagai operator dapodik, kami bahagia. Bahagia melihat guru-guru tersenyum sumringah membeli barang-barang baru karena tunjangan sertifikasinya cair. Bahagia menjadi jalan bagi siswa kurang mampu mendapatkan subsidi BSM. Bahagia operasional sekolah berjalan dengan baik. Dan yang terpenting adalah bahagia menjadi manfaat bagi banyak orang.

No comments:

Powered by Blogger.