Ads Top

Tutorial Membuat Video Pembelajaran Animatif

Salam sejahtera untuk kita semua. Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan tutorial, bagaimana cara membuat video tutorial pembelajaran animatif yang kreatif. Video tutorial pembelajaran ini, merupakan video presentasi Guru dalam menyampaikan materi pembelajaran secara sistematis dengan disertai penjelasan deskriptif animatif. Berikut ini adalah sampel video tutorial pembelajaran animatif yang akan kita buat. Silahkan dicermati terlebih dahulu dengan seksama.
Unsur Video Tutorial Pembelajaran Animatif
Adapun unsur-unsurnya meliput video presentasi, lalu audio yang berupa suara narator dan musik latar. Kemudian aset grafis yang berupa gambar atau teks. Dan selanjutnya adalah animasi, yang merupakan instrumen pendukung dalam menjelaskan sebuah bahasan materi.
Kebutuhan Hardware Video Tutorial Pembelajaran Animatif
Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan kebutuhan hardware, seperti:
1. Kamera. Bisa menggunakan kamera smartphone, DSLR ataupun camcorder. Disarankan menggunakan kamera dengan resolusi yang cukup baik untuk mendapatkan hasil gambar video yang optimal.
2. Selanjutnya perekam suara (voice recorder), ini berfungsi untuk merekam suara narator. Jadi dalam tutorial kali ini, saya tidak menggunakan suara yang dihasilkan dari kamera, melainkan terpisah untuk meminimalisir noise dan menghasilkan output suara yang jernih.
3. Berikutnya adalah Tripod. Ini berfungsi untuk mendapatkan hasil gambar yang lebih stabil.
4. Kemudian Lighting, ini berfungsi sebagai alat bantu untuk pencahayaan objek yang lebih jernih.
5. Dan yang terpenting adalah komputer untuk editing dan proses produksi menjadi video. Disarankan menggunakan komputer dengan spesifikasi yang mumpuni, baik prosesor maupun kapasitas memori. Karena dalam proses editing video, memerlukan resource yang cukup besar.
Kebutuhan Software Video Tutorial Pembelajaran Animatif
Langkah berikutnya adalah mempersiapkan kebutuhan software. Dalam tutorial kali ini saya akan menggunakan software Camtasia untuk editing video. Kemudian untuk kreasi desain visual saya menggunakan Microsoft PowerPoint. Sedangkan untuk animasi menggunakan Sparkol Videoscribe.
Link Download Software
Camtasia 64 bit | Camtasia 32 bit | Sampel Storyline | Bumper Video

Skenario Membuat Video Tutorial Pembelajaran Animatif
Jadi skenario membuat video tutorial pembelajaran ini adalah Pertama menentukan materi & tujuan yang hendak dicapai. Kedua, pikirkan & imajinasikan, seperti apa konsep video yang akan dibuat. Yang ketiga, kumpulkan aset gambar & audio yang akan dipakai. Gambar yang akan digunakan  disarankan adalah gambar dengan format PNG, agar bisa menyatu dengan object video primer. Untuk musik latar, cukup gunakan musik instrumental. Langkah keempat, buat storyline atau skenario video sedetail mungkin. Langkah kelima, usahakan proses rekam video presentasi sesempurna mungkin. Dan yang terakhir adalah edit video menjadi unik dan menarik.

Membuat Storyline
Berikut ini adalah contoh storyline yang sudah saya buat. Disini dijelaskan secara detail dari mulai scene 1, narasi apa yang akan disampaikan, lalu seperti apa aset visualnya dan berapa lama perkiraan durasinya. Storyline ini sangat penting, agar video yang dihasilkan betul-betul terkonsep, dan tidak ada sedetikpun durasi yang terbuang sia-sia.
Untuk penjelasan lebih detail bagaimana cara membuat video tutorial pembelajaran animatif ini, silahkan simak pembahasan pada video berikut.
Demikian tutorial membuat video pembelajaran animatif, semoga bermanfaat. Terima kasih.
Diberdayakan oleh Blogger.